Kesehatan Jantung Pria Ditentukan Oleh Lingkar Lehernya

Agak aneh memang, namun sebuah studi terbaru dari peneliti Brazil mengungkap bahwa ukuran leher seorang pria bisa mengungkap tentang kesehatan jantungnya. Jadi bagaimana kaitan antara ukuran leher dengan jantung?
Menurut studi tersebut, pria dengan leher besar akan menyimpan risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung. Kesimpulan dari penelitian itu diambil dengan metode analisis dari partisipan sejumlah 4.000 orang pria.
Penjelasannya adalah demikian; umumnya ukuran lingkar leher rata-rata pria adalah 15 inci. Jika lebih dari itu maka setiap pertambahan 1 incinya berarti meningkatkan resistensi insulin dalam tubuh sebesar 32 persen. Dalam hal ini maka akan terjadi peningkatan risiko tekanan darah tinggi, juga trigliserida tinggi serta penurunan kolesterol baik.
Leher yang lingkarnya membesar dan melebihi 15 inci, berarti terdapat pertambahan timbunan lemak disana. Ini memicu terjadinya peradangan atau inflamasi sehingga muncul penumpukan plak di pembuluh arteri karotis leher.
Akibat plak di pembuluh leher inilah maka risiko munculnya sakit jantung akan makin tinggi. Itu kesimpulan dari penelitian yang dilansir oleh laman men’shealth. Kemungkinannya bahkan mencapai tiga kali lebih besar bagi pria yang mempunyai lingkar leher besar, untuk menderita sakit jantung dan stroke.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kesehatan Jantung Pria Ditentukan Oleh Lingkar Lehernya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel